SINTESIS CRUDE PALM OIL METHYL ESTER MELALUI REAKSI TRANSESTERIFIKASI MINYAK KELAPA SAWIT DENGAN METANOL

Eka Susanti Handiana Putri, Nur Uliya, Nanik Wijayati

Sari


Crude Palm Oil Methyl Ester (CPOME) adalah senyawa metil ester yang berasal dari reaksi transesterifikasi minyak kelapa sawit (CPO) dengan metanol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan sintesis CPOME melalui reaksi transesterifikasi minyak kelapa sawit dengan metanol menggunakan variasi katalis HCl, H2SO4 dan H3PO4.

Reaksi dilakukan dengan cara merefluk pada suhu 60-64oC selama 6 jam dengan rasio molar metanol/minyak kelapa sawit sebesar 6:1. Konsentrasi katalis yang digunakan dalam penelitian ini adalah  0,5% b/b terhadap berat minyak kelapa sawit. Senyawa yang telah terbentuk dari reaksi didiamkan selama 1 malam agar  lapisan CPOME dan lapisan gliserol dapat memisah. Lapisan CPOME dicuci dengan air hangat sampai netral lalu disaring. Selanjutnya dilakukan pengeringan dengan menambahkan Na2SO4 anhidrat.

Berdasarkan hasil reaksi diperoleh cairan jernih berwarna orange dengan bau yang khas. Senyawa hasil reaksi memiliki kerapatan 0,8935 g/ml dan indeks bias 1,4624. Hasil perhitungan rendemen menunjukkan bahwa persentase rendemen tertinggi diperoleh pada penambahan HCl (45,71%) kemudian H2SO4 (34,07%) dan H3PO4 (28,43%). Berdasarkan data kromatogram GC, persentase produk CPOME yang terbentuk pada penambahan HCl diperoleh hasil yang paling tinggi (75,68%) lalu diikuti H2SO4 (70,80%) dan H3PO4 (59,08%). Hasil Spektra Massa menunjukkan munculnya 5 puncak utama senyawa CPOME, yaitu metil tetradekanoat, metil heksadekanoat, metil cis-9, cis-12-oktadekadienoat, metil cis-9-oktadekenoat, dan metil oktadekanoat.

 

Kata kunci : Transesterifikasi, Crude Palm Oil Methyl Ester.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.