UJI PERTUMBUHAN RAMBUT KELINCI DENGAN KRIM EKSTRAK SELEDRI, KRIM MINYAK KEMIRI, KRIM EKSTRAK SELEDRI - MINYAK KEMIRI DAN PENGUJIAN FISIK SEDIAAN

Endang Dwi Wulansari, Eni Masruriati, Dini Dewanti

Sari


Akhir-akhir ini minat orang terhadap obat dan kosmetika tradisional meningkat kembali. Secara tradisional banyak tanaman disekitar kita yang telah digunakan untuk pemacu pertumbuhan rambut, diantaranya adalah seledri dan kemiri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pertumbuhan rambut yang diujikan pada kelinci dalam bentuk sediaan krim rambut dan pengujian fisik sediaan meliputi organoleptis, homogenitas, pH, tipe emulsi, daya sebar dan daya lekat sediaan krim yang dibuat.

Cara ekstraksi seledri adalah maserasi, dengan pelarut etanol 80%. Minyak kemiri dibuat dengan biji kemiri disangrai, dihaluskan dan diperas. Pertumbuhan rambut dilakukan dengan mengukur panjang rambut dengan mikrometer setiap tiga hari sekali, pada hari ke-3, ke-6, ke-9, ke-12, ke-15, ke-18.

Hasil pertumbuhan rambut kelinci hari ke-18 setelah diberi krim ekstrak seledri adalah 11,26 mm, krim minyak kemiri adalah 11,20 mm, dan krim ekstrak seledri-minyak kemiri adalah 11,43 mm, kontrol negatif adalah 9,16 mm, dan kontrol positif (hair tonic Mustika Ratu) adalah 11,23 mm. Hasil pengujian karakteristik fisik sediaan : pH krim 5,27 , memiliki tipe emulsi air dalam minyak. Basis krim (kontrol negatif) mempunyai daya sebar lebih lebar dibanding krim ekstrak seledri, krim minyak kemiri dan krim ekstrak seledri-minyak kemiri. Krim minyak kemiri memiliki daya lekat lebih kuat dibanding basis krim, krim ekstrak seledri, krim ekstrak seledri-minyak kemiri. Disimpulkan bahwa krim ekstrak seledri, krim minyak kemiri dan krim ekstrak seledri-minyak kemiri dapat menumbuhkan rambut pada kelinci, dan tidak ada perbedaan yang signifikan antar kelompok krim tetapi jika dibandingkan dengan kontrol negatif terdapat perbedaan yang signifikan.

 

Kata kunci : ekstrak seledri, minyak kemiri, krim, pertumbuhan rambut

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.